Tutorial Root Xiaomi Redmi 6A Lengkap dengan SuperSU & Install TWRP Recovery

Droindo - Pada kesempatan kali ini droindo akan membagikan sebuah tutorial Bagaimana Cara Root Xiaomi Redmi 6A Lengkap dengan SuperSU & Install TWRP Recovery. 

Sejak awal peluncuranya, Xiaomi Redmi 6A menjadi salah satu smartphone termurah di pasaran dengan kelebihan spesifikasi yang mumpuni, Redmi 6A dibekali dengan prosesor Mediatek Helio A22 Quadcore dengan Kecepatan maksimal tenaga yang mencapai 2.0GHz, selain dengan prosesor yang powerful, 6A juga dibekali RAM 2GB yang bisa menjalankan aplikasi dan beberapa games dengan lancar.

Redmi 6A ini memiliki Penyimpanan internal sebesar 16GB yang bisa di ekspansi dengan MicroSD sampai 256GB. untuk segi layar redmi 6A memliki layar 5,45" inchi fullscreen, dari sektor kamera dibekali 13MP untuk kamera belakang dan 5MP kamera depan, dan untuk baterai sendiri ditanam 3000Mah.

Baca Juga : Cara memblokir nomor Handphone yang mengganggu di hp Xiaomi

Cara Root Xiaomi Redmi 6A Lengkap dengan SuperSU & Install TWRP Recovery

Dengan Me root hp Redmi 6A kamu, kamu akan menjadi Superuser, artinya kamu bisa membuka fitur - fitur yang dinonaktifkan untuk hp yang belum di root.

Sebelum mulai ke prosesnya, baca dibawah ini dengan seksama :
  • Root hp kamu bisa mengakibatkan hilangnya garansi
  • Pastikan Daya Baterai cukup, disarankan isi daya baterai sampai 80%
  • Untuk menghindari hilangnya data penting, backup terlebih dahulu data penting kamu.
Unduh beberapa file berikut ini :


Untuk memudahkan kamu dalam me root Xiaomi redmi 6A, droindo membagi ke dalam 3 langkah berbeda, pastikan ikuti dengan urutan yang benar.

Langkah I - Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 6A


Sangar penting untuk mengunlock Bootloader terlebih dahulu sebelum kamu me root redmi 6A kamu, karena kalau hp kamu belum di UBL maka kamu tidak akan bisa me root hp kamu. jadi baca caranya di link dibawah ini

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 6A

Langkah II - Install TWRP Recovery Xiaomi Redmi 6A

Setelah Langkah pertama yaitu Unlock Bootloader Redmi 6A berhasil, kita lanjut ke langkah kedua yaitu kita harus menginstall Custom Recovery TWRP ke Redmi 6A kamu, caranya :

1. Unduh dan install USB Driver yang saya berikan diatas tadi ke komputer kamu, jika tidak menginstallnya maka hp kamu tidak akan terkoneksi dengan komputer di mode recovery.

2 Unduh TWRP Recovery for Redmi 6A di komputer kamu, dan ubah namanya menjadi twrp.img

3. buka file twrp tadi dengan cara menekan tombol shift dan kemudian klik kanan, akan muncul jendela baru, pilih "Open Command Windows Here", seperti contoh gambar dibawah ini. 

Open Command Windows Here
















4. Akan Muncul Jendela Command Promp, sekarang  koneksikan Redmi 6A kamu ke komputer dengan kabel data USB.

5. Ketik kode Perintah ini untuk memastikan Redmi 6A kamu sudah terkoneksi atau belum.

adb devices
Jika tidak muncul device kamu, itu berarti driver USB tidak terinstall dengan benar, jadi coba install ulang USB driver nya, jika sudah muncul kita lanjut ke langkah berikutnya.

6. Ketik kode perintah ini untuk merestart ulang Redmi 6A kamu ke mode fastboot.

fastboot reboot bootloader
Selain cara diatas kamu juga bisa melakukannya secara manual, caranya matikan hp kamu, lalu nyalakan ulang dengan cara menekan tombol power + volume down (-) secara bersamaan hingga beberapa detik hingga muncul logo fastboot.

7. Ketik kode perintah ini untuk menginstall TWRP recovery ke Redmi 6A kamu.

fastboot flash recovery twrp.img
menginstall TWRP recovery ke Redmi 6A
Sekarang tunggu hingga proses penginstalan selesai, biasanya proses penginstalan custom recovery TWRP membutuhkan waktu hanya 10 detik. jika sudah selesai tinggal mengetes apakah sudah terinstal dengan benar, caranya tekan tombol power + volume up (+) secara bersamaan.

Langkah III - Cara Root Redmi 6A dengan menginstall SuperSU & LazyFlasher

Langkah terakhir yang kita tunggu-tunggu, yaitu root Redmi 6A, pastikan file SuperSU & Lazy Flasher sudah dipindahkan di memory internal kamu. caranya sebagai berikut :

1. Boot Redmi 6A kamu ke mode Recovery TWRP, caranya matikan terlebih dahulu , lalu nyalakan kembali dengan cara tekan tombol power + volume up (+) secara bersamaan beberapa detik.

2. Pilih menu Install di menu TWRP


3. Lalu cari File SuperSu.zip yang ada di internal.

4. Jika sudah terpilih, geser  tombol "swipe to confirm flash" ke kanan, maka proses flash SuperSU.zip ke redmi 6A kamu.

5. jika sudah selesai flashing Supersu, maka lanjut install "Lazyflasher.zip" dengan cara yang sama seperti kamu install superSu, jika kamu lupa menginstall file ini maka redmi 6A kamu akan mengalami bootloop dan akan stuck di logo MI. untuk mengatasinya bootloop ini caranya cukup mudah, kamu cukup menginstall Lazyflasher tadi di mode recovery TWRP.

6. Sekarang kamu tinggal reboot redmi 6A kamu, dan taraa... hp kamu sudah ter root dengan benar.
untuk memastikan apakah ponsel kamu sudah ter root dengan benar, install saja apk ROOT CHECKER yang ada di playstore.

itu saja mungkin tutorial yang droindo bisa berikan kali ini, jika ada masalah mengenal proses Cara Root Xiaomi Redmi 6A Lengkap dengan SuperSU & Install TWRP Recovery, silahkan berkomentar dibawah ini, dengan senang hati saya akan mencoba menjawabnya.

0 Response to "Tutorial Root Xiaomi Redmi 6A Lengkap dengan SuperSU & Install TWRP Recovery"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel