Cara Unlock Bootloader Untuk Semua Type Xiaomi via Mi Flashtool

Droindo - Kalau Bahas Xiaomi emang ga ada abisnya, Kali ini Droindo akan Membagikan Tutorial Cara Unlock Bootloader Untuk Semua Type Xiaomi via Mi Flashtool.

Cara Unlock Bootloader Untuk Semua Type Xiaomi via Mi Flashtool

Pengguna Smartphone Xiaomi Semakin hari semakin banyak, untuk entry level sendiri mulai dari Redmi 1S, Redmi 2 hingga yang paling baru Redmi 5A, belum lagi pengguna Flagship dari Xiaomi lainya. Suksesnya produk asal tiongkok ini dikenal dengan spesifikasi yang luar biasa, performa, build quality, MIUI yang user friendly, dan dengan harga yg mereka tawarkan untuk bisa menggaet pembeli untuk membeli produk mereka.

Maka Dari Itu demi Alasan Keamanan, Kini Smartphone Xiaomi keluaran terbaru akan terkunci Bootloader nya, untuk meng unlock bootloadernya, kita harus mengikuti aturan dari Xiaomi, yaitu kita harus meminta ke Website Xiaomi untuk mengunlock Bootloader nya, setelah disetujui baru kita bisa mengunlock bootloader dengan bantuan Software Mi Flash Unlock Tool.

Kenapa Xiaomi Me Lock / mengunci Bootloader ?

Kenapa Xiaomi mengunci Bootloader ? kenapa mereka melakukannya ? Karena Xiaomi melakukan ini untuk alasan keamanan. Xiaomi ingin memastikan keamanan data dari ponsel kamu, kalau ponsel kamu hilang atau dicuri oleh orang.

dengan bootloader yang terkunci, orang yang menemukan atau yang mencuri ponsel kamu, tidak bisa me flash Custom ROMm bahkan tidak bisa Boot ke Stock Recovery sekalipun untuk format factory.

Apa itu Unlock Bootloader ?

Unlock Bootloader adalah Proses membuka bootloader , jadi kamu bisa melakukan perubahan pada ponsel android kamu, dengan meng unlock Bootloader kamu bisa menginstall Custom ROM. Custom Recovery ataupun me root Xiaomi kamu.

Untuk Melakukan Unlock, kamu harus menggunakan Mi Flash Tool, cara ini berhasil dan aman digunakan pada Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi 4C, Mi Note Pro, Mi 4S, Mi 5, Redmi 3, Xiaomi Mi 5C & seri xiaomi lainnya..

Catatan :
  • Melakukan unlock Bootloader bisa menghanguskan garansi Xiaomi kamu
  • Droindo tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan
  • Cara ini hanya untuk ponsel xiaomi saja, tidak untuk ponsel merek sebelah
Requirments:

  • Pastikan sudah membackup  data pentinh di internal memory
  • Install Xiaomi USB Drivers di komputer kamu.
  • Aktifkan mode USB Debugging di ponsel Xiaomi kamu.
  • Pastikan juga kamu menggunakan Official MIUI ROM 

Cara Unlock Bootloader Untuk Semua Type Xiaomi via Mi Flashtool

Proses meng unlock bootloader hp xiaomi terbagi menjadi dua tahap, pertama kamu harus request untuk unlock di situs resmi xiaomi lalu unlock bootloader via fastboot mode.

1. Request untuk meminta meng unlock Xiaomi
  • Pertama buka situs resmi xiaomi DI SINI, Lalu klik tombol "Unlock Now",
Request untuk meminta meng unlock Xiaomi

  • Lalu di halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk login dengan akun Mi kamu,jika belum punya akunnya, silahkan buat akun Mi terlebih dahulu, tapi ingat kamu harus login dengan akun yang sama baik di hp maupun di Mi flash unlock tool.login mi akun di ponsel xiaomi
  • Setelah login, kamu harus mengisi formulir untuk mengunlock gp xiaomi kamu, isi data sesuai data diri kamu, untuk bagian "Reason" isi dengan contoh dibawah ini : 

*My Device is stuck at Logo.
*My Xiaomi Phone is rebooting again & again.

isi data diri di formulir request unlock bootloader

  • Di halaman Selanjutnya kamu harus menyelesaikan verifikasi di hp kamu, masukan kode yang sudah dikirimkan ke nomor hp kamu melalui SMS, jika belum menerimanya silahkan klik resend untuk mendapatkan kembali kodenya.



  • Setelah verifikasi nomor hp selesai, kamu akan dialihkan dihalaman yang menyatakan permintaan unlock bootloader sudah ter submit5. untuk tahap reviewnya sendiri butuh beberapa hari, kamu tunggu sampai mendapat SMS pemberitahuan persetujuan untuk unlock.



2. Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tool

Syarat untuk mengunlock bootloader :

  • Download Mi Flash Unlock Tool
  • Pastikan USB Debugging sudah terceklis di xiaomi kamu, jika belum buka pengaturan > Tentan Ponsel > Sentuh 7-8 Kali di MUI version untuk mengaktifkan opsi pengembang, kembali ke pengaturan > Additional Settinh> Opsi pengembang > scroll kebawah lalu aktifkan USB debugging
  • Instal USB Driver yang sesuai dengan Type Xiaomi kamu
  • backup terlebih dahulu data - data penting yang ada di internal
  • hp kamu sudah terlogin Mi Account

Cara unlock bootloader Xiaomi :
1. Unduh dan extrak mi flash unlock tool di komputer kamu, setelah itu buka foldernya lalu jalankan program MiFlashUnlock.exe (lihat gambar)



2. Akan muncul jendela yang meminta persetujuan Disclaimer, klik saja tombol Agree untuk melanjutkan



3. Lalu Login Mi akun kamu dengan software ini, login dengan akun yang sama saat kamu melakukan request unlock,dan jangan lupa login juga di ponsel xiaomi kamu

4. Setelah sukses login, akan muncul keterangan kalau hp kamu belum terkoneksi, sambungkan Xiaomi kamu ke komputer dengan Kabel Data USB. Xiaomi kamu harus di mode fastboot agar bisa terdeteksi, caranya matika ponsel kamu, lalu nyalakan kembali dengan cara menekan dan tahan tombol power + volume down secara bersamaan, hingga muncul gambar mode fastboot



5. Kalau sudah tersambung, klik tombol unlock, maka proses unlock bootloader akan berjalan


6. Proses unlock bootloader akan memakan waktu 2 - 3 menit hingga selesai, jika berhasil akan muncul pesan kalau Unlocking bootloader telah berhasil.




Setelah proses unlocking bootloader berhasil, pilih reboot untuk mulai menggunakanya. Setelah Bootloader ter unlock, maka ponsel kamu bisa di oprek seperti root atau menggunakan custom rom.

Sampai disini seharusnya berhasil, Pada saat pertama kali booting selesai flashing memang membutuhkan waktu yang lama dari biasanya. Karena memang butuh penyesuaian.

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Pilihan Droindo, jangan lupa Berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk share jika dirasa bermanfaat.

Sumber : XiaomiGeek

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Unlock Bootloader Untuk Semua Type Xiaomi via Mi Flashtool"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel