Cara Unlock Bootloader, install TWRP, dan Root Xiaomi Redmi 5A dengan mudah dan aman

Droindo - Hallo Ndro, Mumpung lagi ada waktu luang, kali ini Droindo akan memberikan sebuah eh tiga buah tutorial untuk hp terbaru dari xiaomi Redmi 5A yaitu Cara Unlock Bootloader pada Xiaomi Redmi 5A, Cara Install TWRP Recovery di Xiaomi Redmi 5A, dan Me Root Redmi 5A kamu.Penasaran gimana tutorialnya, simak sampai akhir.

Cara Unlock Bootloader, install TWRP, dan Root Xiaomi Redmi 5A dengan mudah dan aman

Seperti yang kalian tahu kalau Xiaomi Baru saja merilis Redmi 5A, Sama Seperti produk Xiaomi lainnya, Redmi 5A ini juga mempunyai code name yaitu "RIVA". Setelah beberapa waktu akhirnya TWRP Recovery untuk Xiaomi Redmi 5A ini akhirnya tersedia dan SuperSU bisa diinstal ke Redmi 5A kamu.

Xiaomi Redmi 5A ini memiliki ROM bawaan MIUI 9 Android Nougat, Jika Kamu Ingin Mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM, Xiaomi Redmi 5A kamu harus terinstall Custom Recovery TWRP terlebih dulu. Untuk yang belum  tahu apa itu TWRP, TWRP adalah sebuah Custom Recovery yang digunakan untuk me flash file Zip, seperti Custom ROM, Recovery, Kernel dan lainnya. Sebelum kita melakukan penginstalan TWRP dan ROOT Redmi 5A kamu, kamu harus meng unlock Bootloader nya dulu.

Persiapkan hal - hal berikut ini untuk me root Redmi 5A:
  • Backup terlebih dahulu data-data penting untuk menghindari terhapus secara tidak sengaja
  • Pastikan Redmi 5A kamu sudah terunlock Bootloadernya
  • Sedoot USB Driver Xiaomi Redmi 5 lalu install di komputer kamu.
  • Sedoot ADB Driver , lalu install juga
  • Aktifkan USB Debugging di Redmi 5A kamu

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A

Langkah Pertama adalah meng unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A, untuk Redmi 5A kamu tidak bisa meng unlock nya dengan Fastboot Command. Untuk unlock  bootloader Redmi 5A kamu harus meng unlocknya ke web Xiaomi Langsung & menggunakan Mi Flash Unlock Tool.

Artikel Lengkap unlock bootloader Redmi 5A Bisa Kamu Ikuti Di link dibawah ini
Cara unlock Bootloader semua type Xiaomi dengan Mi Flash tool

Cara Install Custom Recovery TWRP di Xiaomi Redmi 5A


Unlock Booloader Sudah, sekarang tinggal install TWRP, untuk proses unlock mungkin butuh waktu yang agak lama, tapi untuk proses install TWRP dan ROOT tidak memakan waktu dan bisa dibilang cepat. oh ya Toolkit dan TWRP ini dibuat oleh member XDA yaitu @XN Logos, jadi berterima kasih lah padanya karena kita sudah terbantu oleh alatnya hehe.

Caranya :

1. Sedoot Redmi 5A Toolkit Kemudian Extrak menggunakan Winrar di komputer kamu, oh ya pastikan sebelumnya kamu sudah menginstall ADB & Fastboot Driver 

2. Matikan Redmi 5 kamu lalu masuk ke Mode Fastboot, Untuk yang belum tahu Caranya bisa ikuti cara dibawah ini :

  • Matikan Terlebih dahulu Redmi 5 Kamu
  • Nyalakan lagi dengan cara menekan tombol Power + Volume Down dan tahan bersamaan selama beberapa detik 
  • Tekan sampai muncul Logo MI dan akan muncul gambar kelinci sedang memperbaiki 

3.Sambungkan Redmi kamu ke komputer dengan Kabel Data USB, lalu di folder yang kamu extrak tadi, jalankan program "Redmi 5A toolkit.exe"

"Redmi 5A toolkit.exe"
Source XiaomiGeek
4. Akan Muncul Jendela Baru, Untuk Menginstall TWRP di Redmi 5A, ketik angka 41 dan klik enter
Untuk Menginstall TWRP, ketik angka 41 dan klik enter
Source XiaomiGeek
5. Terakhir Pencet sembarang pada keyboard untuk melanjutkan proses penginstalan TWRP pada Redmi 5A kamu. tunggu proses selesai dan otomatis hp kamu akan reboot sendiri.

Selamat kamu baru saja berhasil menginstal Custom Recovery TWRP pada Xiaomi Redmi 5A Kamu, Selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu me root Redmi 5A kamu.

Cara Root Xiaomi Redmi 5A dengan SuperSu atau Magisk Root

Ada dua Cara untuk me root Xiaomi redmi 5A ini, kamu bisa memilih untuk menggunakan SuperSU atau me Root nya dengan Magisk Root, Dua - duanya sudah dikenal sebagai aplikasi yang handal dalam me root berbagai ponsel, Pilihan ada ditangan kamu hehe.

Root dengan Flash SuperSU ke Redmi 5A

  1. Sedoot SuperSU (pilih yang Zip jangan yang APK), lalu letakan di memory internal di Redmi 5A kamu
  2. Matikan Ponsel kamu, lalu Masuk ke Mode Recovery dengan cara tekan Tombol Power + Volume Up Secara bersamaan.
  3. Di Tampilan Utama TWRP , pilih "Install" dan cari file SuperSU yang sudah kamu unduh dan pindahkan di internal tadi dilangkah pertama, setelah ketemu geser ke kanan di menu "swipe to confirm flash" untuk konfirmasi penginstalan, setelah selesai pilih clear cache/dalvik lalu pilih reboot, dan taraa Redmi 5A kamu sudah ter root.
Root dengan Flash SuperSU ke Redmi 5A
Source XiaomiGekk

Root dengan Flash Magisk Root ke Redmi 5A

Untuk Magisk Root Caranya Sama saja seperti menginstall SuperSu, 
  1. Sedoot Magisk Root Zip , lalu letakkan di memory internal Redmi 5A kamu
  2. Matikan Ponsel kamu, lalu Masuk ke Mode Recovery dengan cara tekan Tombol Power + Volume Up Secara bersamaan.
  3. Di Tampilan Utama TWRP , pilih "Install" dan cari file zip Magisk Root yang sudah kamu unduh dan pindahkan di internal tadi dilangkah pertama, setelah ketemu geser ke kanan di menu "swipe to confirm flash" untuk konfirmasi penginstalan, setelah selesai pilih clear cache/dalvik lalu pilih reboot, dan taraa Redmi 5A kamu sudah ter root.

Untuk Memastikan apakah Xiaomi Redmi 5A kamu Sudah Ter Root dengan benar, bisa kalian cek dengan aplikasi Root Checker yang bisa di unduh di Playstore.

Itulah tadi Cara Unlock Bootloader, install TWRP, dan Root Xiaomi Redmi 5A dengan mudah dan aman, Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Pilihan Droindo, jangan lupa Berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk share jika dirasa bermanfaat.

Sumber : XiaomiGeek

0 Comments

Post a Comment