3 Cara masuk ke mode download EDL di Xiaomi Redmi 5A

Cara masuk ke mode download EDL di Xiaomi Redmi 5A

Droindo - Hallo Ndro, untuk kesempatan  kali ini Droindo akan memberikan sebuah tutorial Cara masuk ke mode download EDL di Xiaomi Redmi 5A. Mau tau gimana caranya Baca sampe tuntas ya hehe.

Redmi 5A adalah ponsel entry level keluaran terbaru dari Xiaomi, Redmi 5A ini diawal peluncurannya di Indonesia, banyak mengejutkan para undangan yang hadir disitu pada saat di Big screen memunculkan harga untuk Xiaomi Redmi 5A ini, yang mengejutkan adalah Ponsel ini dibanderol hanya Satu juta kurang seribu saja. Bahkan Pada Flash Sale Lazada Beberapa Waktu yang lalu langsung ludes beberapa menit setelah flashsale baru saja dimulai.

Mungkin untuk pengguna yang sudah atau pernah memiliki ponsel Xiaomi Sebelum Redmi 5A, tidak akan mengalami kesulitan ketika memiliki Redmi 5A ini, karena sudah terbiasa melakukan oprek di ponsel xiaomi mereka, nah untuk yang baru pertama kali memakai Xiaomi pasti akan kesulitan untuk melakukan oprek di xiaomi redmi 5A ini. Intinya mah harus berani mencoba hehe.

3 Cara masuk ke mode download EDL di Xiaomi Redmi 5A

Hal Basic yang perlu kamu tahu kalau kamu ingin Flash ROM Xiaomi, adalah masuk ke mode download EDL. Apa itu Mode EDL download ? simplenya mode ini agar ponsel Xiaomi kamu bisa terdeteksi di komputer yang dihubungkan menggunakan kabel USB, ketika ingin menginstal ROM Fastboot, yang di instruksikan dengan software Mi Flashtool.

Mode Download EDL terbagi 2, yaitu mode download EDL wajib unlock Bootloader dan tanpa unlock bootloader. untuk yang tanpa unlock bootloader bisa dilakukan dengan menggunakan ADB Command Promp, untuk cara ini xiaomi Redmi 5A kamu harus dalam keadaan nyala.

1. Masuk Mode Download EDL tanpa unlock Bootloader

persiapkan bahan - bahan berikut :


Caranya:

  1. Aktifkan terlebih dahulu USB Debugging di Xiaomi Redmi 5A dengan cara tap tujuh kali pada Miui version di Tentang ponsel lalu masuk ke pengaturan tambahan kemudian ceklis mode USB Debugging nya.
  2. Setelah itu install minimal ADB dan Fastboot di komputer
  3. Sambungkan Redmi 5A ke komputer menggunakan kabel USB
  4. Jika terjadi proses instalasi driver, selesaikan terlebih dahulu
  5. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot tadi lalu ketikkan perintah adb devices lalu tekan enter
  6. Perhatikan layar Redmi 5A, biasanya akan muncul menu pop-up untuk minta perizinan
  7. Lanjut ketikan perintah adb reboot edl lalu enter
  8. Jika Redmi 5A kamu langsung mati, dan berhasil terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB Qdloader 9008 di device manager
  9. Selamat, Redmi 5A kamu sudah dalam kondisi mode EDL Download dan siap untuk di flash.

2. Masuk Mode Download EDL dengan unlock Bootloader

Untuk cara ini, maka mau tidak mau xiaomi redmi 5A kamu harus di unlock bootloader nya terlebih dahulu, Caranya Klik link dibawah ini
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A 

Untuk Cara masuk Mode Download EDL nya sangat mudah, matikan terlebih dahulu Redmi 5A kamu, lalu nyalakan kembali dengan cara tekan tombol power dan Volume Down (-) secara bersamaan, dan ponsel kamu sedang dalam mode Download EDL.

3. Masuk Mode Download EDL dengan Test Point (unbrick)

Untuk cara ketiga ini merupakan pilihan terakhir kalau xiaomi redmi 5A kamu mengalami brik / mati total, tidak mau menyala, atau mentok di logo MI, maka perlu dilakukan unbrick Test point. jika sudah mencoba 2 cara diatas dan tidak berhasil

Test point adalah metode untuk menyalakan Hp yang dalam keadaan mati total / brick atau mentok di logo MI agar bisa digunakan kembali dengan normal, metode ini dilakukan secara hardware, jadi akan menghilangkan garansi, jadi jika masih ada garansi lebih baik kamu bawa ke service center terdekat untuk klaim gaaransi Redmi 5A kamu.

Kumpulkan Bahan - bahan berikut : 
Caranya :
  1. Buka Back case HP Xiaomi Redmi 5A kamu dengan menggunakan opener
  2. Setelah back case belakang sudah terlepas, gunakan obeng khusus untuk membuka baut hape
  3. Lepaskan baterai terlebih dahulu, lalu pasang kembali
  4. Sambungkan salah satu ujung kabel USB ke komputer, sebelumnya posisikan Mi Flashtool sudah load Fastboot rom
  5. Kemudian cari letak test point seperti yang ada pada gambar di bawah ini
  6. Kalau sudah ketemu, gunakan ujung pinset untuk menyatukan dua letak test point tadi
  7. Sambungkan ujung kabel USB ke Xiaomi Redmi 5A sembari membuka device manager. Jika Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E berubah menjadi Qualcomm HS-USB Diagnostics 9008 maka berarti proses test point berhasil. Jika belum dan tetap Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E, silahkan coba lagi hingga berhasil
  8. Nah jika sudah terdeteksi, silahkan flashing ulang seperti biasa
  9. Sampai disini seharusnya Xiaomi Redmi 5A bisa kembali menyala dan bisa digunakan
Masuk Mode Download EDL dengan Test Point (unbrick)


Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Pilihan droindo, jangan lupa Berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk share jika dirasa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara masuk ke mode download EDL di Xiaomi Redmi 5A"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel